Jokowi Minta Maaf kepada Rakyat Indonesia: 10 Tahun Belum Cukup Selesaikan Semua Persoalan
Sumber: Tangkapan Layar Youtube DPR RI

News / 16 August 2024

Kalangan Sendiri

Jokowi Minta Maaf kepada Rakyat Indonesia: 10 Tahun Belum Cukup Selesaikan Semua Persoalan

Claudia Jessica Official Writer
433

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara terbuka meminta maaf kepada rakyat Indonesia atas segala kekurangan selama masa kepemimpinannya selama sepuluh tahun.

Dalam pidato kenegaraannya di Sidang Tahunan MPR RI pada Jumat (16/8/2024), Jokowi menegaskan bahwa satu dekade tidak cukup untuk menyelesaikan seluruh persoalan bangsa.

"Sepuluh tahun bukanlah waktu yang cukup panjang untuk mengurai semua permasalahan bangsa. Saya sangat menyadari bahwa sebagai pribadi yang jauh dari kata sempurna, sebagai insan yang tumbuh dalam segala keterbatasan," ujar Jokowi.

Dia juga menambahkan, "Sebagai manusia yang jauh dari kata istimewa, sangat mungkin ada yang luput dari pandangan saya."

 

BACA JUGA: Jokowi-Iriana Hadiri Hari Anak Nasional 2024 di Jayapura: Anak Terlindungi, Indonesia Maju

 

Di akhir masa jabatannya, Jokowi mengungkapkan permintaan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

"Di penghujung masa jabatan ini, izinkan saya menyampaikan suara nurani terdalam kepada bapak, ibu, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, kepada seluruh rakyat Indonesia, tidak terkecuali satu pun," ungkapnya dengan tulus.

Jokowi mengakui bahwa tidak semua harapan rakyat bisa terpenuhi.

"Saya dan Profesor Kyai Haji Ma’ruf Amin mohon maaf. Mohon maaf untuk setiap hati yang mungkin kecewa, untuk setiap harapan yang mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita yang mungkin belum bisa tercapai," ucap  Jokowi.

Ia menekankan bahwa pemerintahannya telah berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi harapan bangsa.

 

BACA JUGA: Prabowo Subianto Menjalani Operasi Besar pada Kaki, Ia Bertekad Pulih untuk Indonesia

 

Meskipun banyak pekerjaan yang belum selesai, Jokowi tetap optimis bahwa dengan persatuan dan kerja sama, Indonesia akan menjadi negara yang kuat dan berdaulat.

"Saya yakin dan percaya dengan persatuan dan kerja sama kita, dengan keberlanjutan yang terjaga, Indonesia sebagai negara yang kuat dan berdaulat akan mampu melompat dan menggapai cita-cita Indonesia Emas 2045," tegasnya.

 

Sumber : YouTube DPR RI
Halaman :
1

Ikuti Kami